Dikasteri Ajaran Iman Menjawab Pertanyaan tentang Kremasi

132
Kardinal Matteo Zuppi

HIDUPKATOLIK.COM – Kardinal Matteo Zuppi bertanya apakah mungkin menyimpan abu jenazah di tempat-tempat umum yang mirip dengan osuarium dan apakah mungkin menyimpan sebagian kecil abu di tempat yang penting bagi yang meninggal.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Uskup Agung Matteo Zuppi, Dikasteri Ajaran Iman menegaskan bahwa adalah mungkin untuk mengatur sebuah tempat suci “untuk pengumpulan dan pelestarian abu orang-orang yang dibaptis,” yaitu sebuah cinerary komunal di mana abu individu dicurahkan. Uskup Agung Bologna telah mengajukan dua pertanyaan kepada Dikasteri mengenai disposisi jenazah umat yang telah dikremasi. Tanggapan terhadap pertanyaan kedua mengatakan bahwa otoritas gerejawi juga dapat mempertimbangkan dan mengevaluasi permintaan anggota keluarga untuk menyimpan sebagian abu orang yang meninggal di tempat yang penting bagi sejarah orang yang meninggal tersebut. Teks lengkap tanggapan Dikasteri dapat ditemukan di situs web Vatikan.

Kardinal Zuppi menyampaikan pertanyaan tersebut mengingat semakin banyaknya orang yang memilih kremasi orang yang mereka cintai yang telah meninggal dan kemudian memilih untuk membuang abunya di alam. Pertanyaan-pertanyaan tersebut juga dimotivasi oleh keinginan agar “alasan ekonomi” seperti rendahnya biaya yang terkait dengan penyebaran abu “tidak berlaku”; dan dengan keinginan untuk memberikan indikasi “mengenai apa yang harus dilakukan dengan abu tersebut setelah jangka waktu penyimpanannya telah berakhir”, dengan maksud tidak hanya untuk memenuhi permintaan anggota keluarga, tetapi “yang lebih penting, dengan proklamasi Kristiani tentang kebangkitan tubuh dan penghormatan terhadapnya.”

Maka, pertanyaan pertama adalah “Dengan mempertimbangkan larangan kanonik terhadap penimbunan abu orang yang meninggal, apakah mungkin menyiapkan tempat suci tertentu dan permanen untuk pengumpulan dan pelestarian abu orang yang dibaptis, dengan menunjukkan dasar-dasarnya? Detail setiap orang agar tidak kehilangan ingatan akan nama mereka, mirip dengan apa yang terjadi di osuarium, di mana sisa-sisa mineral dari orang yang meninggal disimpan dan dilestarikan secara kumulatif?” Pertanyaan kedua adalah, “Bolehkah sebuah keluarga menyimpan sebagian abu anggota keluarganya di tempat yang penting bagi sejarah orang yang meninggal?”

Dalam sebuah teks yang ditandatangani oleh Prefek, Kardinal Victor Fernandez, dan disetujui oleh Paus Fransiskus pada tanggal 9 Desember, Dikasteri menjawab dengan tegas kedua pertanyaan tersebut.

Pertama-tama, perlu diingat bahwa menurut Instruksi Ad resurgendum cum Christo (no. 5) tahun 2016, “abunya harus disimpan di tempat yang suci, seperti kuburan, atau di tempat yang didedikasikan untuk tujuan ini, asalkan ada, telah ditetapkan demikian oleh otoritas gerejawi.” Alasan-alasan yang mendasari pilihan ini disebutkan, yaitu kebutuhan untuk memastikan “bahwa mereka tidak dikecualikan dari doa dan peringatan keluarga mereka atau komunitas Kristiani,” dan untuk mencegah “umat beriman yang telah meninggal agar tidak dilupakan, atau jenazah mereka tidak diperlihatkan,” serta mencegah “praktik apa pun yang tidak pantas atau bersifat takhayul”.

Dokumen tersebut selanjutnya mengingatkan bahwa “iman memberitahu kita bahwa kita akan dibesarkan dengan identitas tubuh yang sama, yaitu materiil meskipun materi tersebut akan diubah rupa, terbebas dari keterbatasan dunia ini.” Dalam pengertian ini, “kebangkitan akan terjadi ‘di dalam daging yang kita hidupi sekarang’.” Namun transformasi ini “tidak berarti pemulihan partikel materi yang sama yang pernah membentuk tubuh manusia.” Oleh karena itu, “tubuh orang yang dibangkitkan belum tentu terdiri dari unsur-unsur yang sama seperti sebelum ia meninggal. Karena ini bukan sekedar menghidupkan kembali jenazah, kebangkitan dapat terjadi meskipun jenazah telah hancur total atau tersebar. Hal ini membantu kita memahami mengapa, di banyak guci cinerary, abu jenazah disimpan bersama-sama dan tidak disimpan secara terpisah.”

Dikasteri selanjutnya menekankan bahwa “Abu orang yang meninggal, terlebih lagi, berasal dari sisa-sisa materi yang merupakan bagian dari perjalanan sejarah orang tersebut—sedemikian rupa sehingga Gereja menunjukkan kepedulian dan pengabdian khusus terhadap relikwi para santo. Perhatian dan kenangan ini juga menuntun kita untuk memiliki sikap penghormatan yang suci terhadap abu orang yang meninggal, yang kita simpan di tempat suci yang cocok untuk sembahyang…”

Menanggapi pertanyaan Kardinal Zuppi, Dikasteri menjawab bahwa “suatu tempat suci yang pasti dan permanen dapat disediakan untuk pengumpulan dan pelestarian abu orang-orang yang dibaptis yang telah meninggal, yang menunjukkan identitas setiap orang agar tidak kehilangan identitasnya, ingatan akan nama mereka.” Oleh karena itu, Gereja mengakui kemungkinan untuk meletakkan abunya di satu tempat umum, seperti yang terjadi pada osuarium, sambil melestarikan kenangan setiap individu yang meninggal.

Menanggapi pertanyaan kedua, Dikasteri menyatakan, “Otoritas gerejawi, sesuai dengan norma-norma sipil yang berlaku, dapat mempertimbangkan dan mengevaluasi permintaan sebuah keluarga untuk menyimpan dengan cara yang tepat sebagian kecil abu kerabat mereka di suatu tempat yang penting bagi sejarah orang yang meninggal, dengan syarat bahwa setiap jenis kesalahpahaman panteistik, naturalistik, atau nihilistik dikesampingkan dan juga dengan syarat bahwa abu orang yang meninggal disimpan di tempat suci.”

Menanggapi pertanyaan dari Media Vatikan, Dikasteri menjelaskan bahwa intervensi dan penilaian otoritas gerejawi tidak hanya bersifat kanonik tetapi juga bersifat pastoral, untuk membantu keluarga membedakan pilihan apa yang harus diambil, sambil mempertimbangkan semua pertimbangan.

Karena beberapa undang-undang sipil melarang pembagian abu jenazah, Dikasteri menjelaskan bahwa pertanyaan kedua muncul dari dialog antara para uskup dari beberapa negara berbeda yang disuarakan oleh Kardinal Zuppi. Tanggapan Dikasteri mempertimbangkan kemungkinan tersebut dari sudut pandang teologis dan bukan dari sudut pandang sipil, seperti yang kemudian diklarifikasi dalam jawabannya. **

Vatican News/Frans de Sales

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini