Modul B2 Sinode tentang Sinodalitas

58
Sr. Maria Grazia Angelini O.S.B

HIDUPKATOLIK.COM – Para peserta Sidang Umum Sinode di Aula Paulus VI Vatikan mulai mengkaji dan mendiskusikan “Modul B2”, yang teks lengkapnya kami sajikan di bawah ini.
B 2. Tanggung jawab bersama dalam Misi: Bagaimana kita dapat berbagi karunia dan tugas dengan lebih baik dalam pelayanan Injil?

51. “Gereja peziarah pada dasarnya adalah misioner” (AG 2). Misi merupakan cakrawala dinamis yang menjadi dasar pemikiran kita mengenai Gereja sinodal, yang dengannya misi memberikan dorongan menuju “ekstasi” yang terdiri dari “keluar dari diri kita sendiri dan mengupayakan kebaikan bagi orang lain, bahkan sampai mengorbankan nyawa kita” (CV 163; lih. juga FT 88). Misi memungkinkan seseorang menerima pengalaman Pentakosta: setelah menerima Roh Ku…
[10:01, 14/10/2023] Pastor Frans De Sales SCJ: Refleksi Rohani Sr Angelini pada Modul B2

Pada Sidang Umum Sinode kedelapan, Suster Maria Grazia Angelini, OSB, menyampaikan refleksi spiritual mengenai tema perempuan dan misi dalam Modul B2.3 Instrumentum Laboris.

“Dan mereka ingat perkataannya, dan kembali dari kubur mereka menceritakan semua hal ini kepada kesebelas orang dan semua orang lainnya.” Luk 24:8
Wanita dan misi (I.L., B.2.3; Luk 11:15-28; Kisah 16:13-15)

“Tanggung Jawab Bersama dalam Misi: menuju kesadaran bersama akan makna dan isinya. Bagaimana kita dapat berbagi karunia dan tugas dengan lebih baik dalam pelayanan Injil. B 2.3 Bagaimana Gereja di zaman kita dapat memenuhi misinya dengan lebih baik melalui pengakuan dan peningkatan martabat wanita yang dibaptis? Ini bukan soal promosi dan pengakuan dalam arti duniawi, soal hak dan keinginan, tapi soal kesejahteraan Gereja. Kesetiaan pada Sang Asal, siapakah Yesus, gaya-Nya, kata-kata-Nya, sikap diam-Nya, pilihan-pilihan-Nya.”

Injil juga memberikan inspirasi: pada masa Sinode sekarang ini, dimulai pertama dan terutama dengan Ekaristi. Merayakan dengan iman adalah inti dari setiap reformasi dalam Gereja. Maka, bacaan hari ini (tidak terpisahkan dari bacaan esok), pada titik kritis komunikasi Yesus dengan orang banyak, di tengah konflik penafsiran, pendahuluan – terjalin dengan perkataan Yesus – (“sebagaimana Yesus mengatakan hal-hal ini, .. .”), seruan seorang wanita. Teriakan seorang wanita di antara kerumunan orang yang tersentuh oleh wahyu Yesus sangat mengganggu dan menginspirasi – karena dia tidak tahu, mungkin menggunakan pepatah populer, bahwa dia sedang mewartakan “kebahagiaan dalam kandungan.” Hal ini sangat sesuai dengan berkat yang diberitakan pada awal Injil oleh seorang wanita lain, juga sebagai respon terhadap tanda yang diambil dari rahimnya (Luk 1:45: “Diberkatilah buah kandunganmu…!”), “Berbahagialah rahimnya…!” dia berkata. Wanita anonim di antara kerumunan itu merasakan bahwa dalam diri pria itu, Rabi Nazareth yang membuat orang yang dirasuki setan bisu berbicara, bahwa generasi seluruh kehidupan dipertaruhkan. Dia memahami misteri asli generasi yang terungkap dalam dirinya. Dia merasakan, dia berteriak, tapi dia tidak tahu harus berkata apa, dan secara implisit menyebutkan apa yang mendorong intuisinya

Dan, dengan memanfaatkan intuisi mendalamnya, Yesus mengembangkannya dengan mentransformasikannya dan memecahkan kode gangguannya, sehingga menyelesaikan konflik penafsiran yang mengepung-Nya. Dia mengembangkan apa yang hanya berupa seruan, mempertanyakan keheranan: dalam kemanusiaan Yesus, Tuhan berbicara, dan pribadi manusia yang dihasilkan dari rahim terlibat dalam misteri-Nya.

“Ini bukan daging atau darah” (lih. Mat 16:17; lih. Luk 8:21), dia telah memberitahu Simon – untuk seruan iman lainnya. Tanpa menyangkal wanita yang ada di masyarakat, ia mengoreksinya, memperoleh kebenaran dan dengan demikian membungkam sindiran musuh-musuhnya: baginya, kebahagiaan ditemukan dalam mendengarkan, menyambut, dan kreativitas.
Mendengarkan, memahami, mewujudkan Firman: Firman yang dihasilkan pada mulanya.

Dengan demikian, dialog secepat kilat antara Yesus dan wanita tak dikenal di antara kerumunan orang banyak itu penuh dengan kekuatan simbolis dan inspiratif. Dan, dari sana, dari suara kenabian yang rendah hati ini – yang disambut dan didekonstruksi, atau diungkapkan kembali – Yesus dapat melanjutkan perjalanannya yang menyakitkan ke Yerusalem, di tengah kecurigaan yang berbahaya dan keheranan anak-anak.

Hal ini agak mirip dengan apa yang terjadi di Kana, dengan tangisan ibu yang Yesus pertanyakan dan ubah: “Mereka kehabisan anggur” (atau dengan perempuan Samaria, atau dengan perempuan Kanaan, atau dengan Maria dari Magdala).

Injil ini, dari bagian pinggirnya yang cemerlang, dengan kuat menginjili kumpulan pertanyaan Sinode ini mengenai tema misi dan bagaimana mengenali ekspresi-ekspresi pelayanan yang berbeda-beda. Teriakan perempuan anonim itu, dalam kerendahan hatinya, mengusir verbalisme dan proseduralisme. Hal ini menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang bermanfaat dan membuka jalan: “Mereka yang mendengar Firman dan menaatinya.”

Dan terang, dalam pengertian yang konvergen, bagi saya tampak datang jika kita membandingkan bacaan Injil ini dengan kisah tentang bagian kritis dari gereja para rasul (Kisah Para Rasul 16) di mana, dalam disorientasi rencana para misionaris, dilintasi oleh gangguan dengan Roh, Injil memasuki Eropa. Dan hal ini membuka misi menuju keberhasilan yang belum pernah terjadi sebelumnya, berkat kontribusi perempuan yang rendah hati dan generatif. Apakah itu hanya tambahan? Tidak, sekadar “dipegang oleh Firman”, hal-hal tersebut membuka ruang-ruang yang tak terlihat bagi Injil.

Konsili Yerusalem baru saja berlangsung (Kisah Para Rasul 15), jalan Injil mulai memancar ke luar negeri Israel, bukannya tanpa menemui hambatan dalam perjalanannya. Segera setelah perjalanan misionaris pertama, perselisihan sengit muncul antara Paulus dan Barnabas, meskipun mereka adalah teman dekat. Perbedaan pendapat yang kontroversial mengenai kehadiran Markus muda menyebabkan mereka berpisah (Kisah Para Rasul 15:36-40). Kita harus membayangkan sebuah proses perjuangan untuk memahami. Perbedaan – bahkan sampai pada titik konflik – betapapun penting dan bermanfaatnya dalam Gereja, tetap saja berbeda dengan perselisihan yang penuh pertengkaran dan beracun, karena perbedaan tersebut tidak pernah menjelek-jelekkan lawannya, namun memberikan ruang bagi lawannya. Karena berpisah jalan, Paulus dan rekan-rekan kerjanya (1) kemudian menghadapi rintangan yang tidak terduga atau lebih tepatnya, seperti yang diungkapkan dalam kitab Kisah Para Rasul, “Roh Kudus melarang mereka memberitakan firman di Asia” (Kisah Para Rasul 16:6). Paus Fransiskus mengingatkan kita dalam homili pembukaan Majelis Sinode ini, “Begitu banyak rencana misionaris yang berakhir di jalan buntu, pada kenyataannya merupakan krisis yang membuka visi baru Gereja.”

Di Troas, sebuah pelabuhan, titik keberangkatan untuk mencapai Eropa, Paulus mendapat penglihatan: seorang Makedonia yang memohon kepadanya, mengatakan, “Marilah ke Makedonia dan bantu kami.” Seruan orang kafir itu membajak dan mengubah rencana Paulus. Ini bukan pertama kalinya perubahan rencana perjalanan disebabkan oleh Nafas dari atas. Mimpi, kepasifan dan kegelisahan dalam mimpi, dari visi yang mengejutkan, membuka pemandangan yang benar-benar baru. Ini mengarah pada konflik, membuka cakrawala. Maka dimulailah perjalanan misionaris kedua – dimulai dari premis-premis yang membingungkan.

Maka, Gereja tiba di Eropa, dan melakukannya dalam bentuk baru yang mengejutkan: dimulai dari daerah pinggiran, dari tepi sungai, tepat di luar kota Romawi yang kaya. “Para wanita berkumpul di sana untuk berdoa.” Anehnya, Paulus disambut dengan liturgi di luar ritual, di kalangan perempuan, di udara terbuka. Rasul Paulus tidak mulai di sini, seperti kebiasaannya, di sinagoga (yang mungkin tidak ada di Filipi, sebuah koloni Romawi). Dia memasukkan dirinya ke dalam liturgi perempuan “non-ritual”, dan menerobos ke dalamnya dengan firman Injil.

Seperti pada pagi hari Paskah, demikian pula permulaan/ambang batas ini tanpa manusia. Sang rasul didahului, dan disambut, oleh koinonia yang tidak biasa yaitu para wanita yang berdoa, di bawah langit terbuka. Di sini Paulus mendekat, dengan hasratnya terhadap Injil.

Maka dimulailah pemberitaan Injil di Eropa. Di Filipi, misi muncul dari wilayah yang sudah jelas, dan menemukan ruang-ruang baru. Bahasa-bahasa baru diresmikan oleh para wanita, yang tidak diremehkan oleh Paulus, yang ia kumpulkan sebagai kairos: ia berkotbah kepada mereka, mengadakan dialog. Lydia, seorang penyembah Tuhan yang rendah hati dan seorang penjual kain ungu, akan menjadi orang beriman pertama di negeri Eropa.

Lydia diidentifikasi berdasarkan esensinya sebagai “pendengar” Sabda, dalam kepatuhan yang dialogis, bebas dan kreatif. Ia menepati Sabda dengan mencari pengakuan dari rasul, menawarkan keramahtamahan: “Jika engkau telah menilai aku setia kepada Tuhan, datanglah”: suatu karunia inklusif yang luar biasa yang membangkitkan Gereja. Kekuatan pemahaman rasul sebelum keterbukaan hati yang sederhana membuka pandangan baru terhadap misi.

Maka Lidia menawarkan rumahnya kepada para rasul, “memenangkan” mereka untuk menerima (16:15). Pada ambang batas ini, Gereja di Eropa lahir, melalui sikap yang muncul sebagai cara mengamalkan iman (“jika Anda telah menilai saya sebagai seorang yang beriman”), dan menawarkan ruang domusnya (“datanglah ke rumahku dan tempat tinggalku”).

Rumah Lidia dengan demikian didefinisikan ulang oleh gangguan Injil. Seperti yang telah dilakukan dan diperintahkan Yesus: di kota mana pun kamu masuk, carilah rumah (lih. Mat 10:11). Ruang dibangun oleh ikatan, bukan dinding. Ruang dasar gerejawi, “domus” yang saat ini sangat mendesak untuk ditemukan kembali dan diartikulasikan dalam bahasa-bahasa baru, sesuai dengan kebijaksanaan aslinya.

Kelahiran sebuah gereja di Eropa mengingatkan kisah aslinya. Hal ini mengingatkan kita akan hal baru – seberapa banyak hal ini dipahami saat ini? – diresmikan oleh Yesus bersama para wanita yang mengikuti-Nya, mendukung pelayanan-Nya dengan sekuat tenaga (lagi-lagi Lukas yang memberi tahu kita hal ini: Luk 8:1-3): sampai ke salib, ke kubur terbuka, dan ke kebun. Pada hari ketiga…

Gerakan yang bermula dari Injil, dan jiwa dari setiap perjalanan sinode sejati, menghasilkan hubungan-hubungan baru yang generatif. Dan kontribusi perempuan, yang sangat beragam di antara mereka, (perempuan rakyat, pengusaha Kirene…), tak henti-hentinya mengobarkan dinamisme spiritual reformasi, ketika polanya menjadi tidak sesuai dengan misteri yang disampaikannya. Vatikan II meresmikan gerakan reformasi yang terhenti.

Dalam terang Permulaan, gaya Yesus – yang tampaknya memahami bahwa perempuan adalah elemen misi yang dinamis, seperti kehadiran yang dalam bagian-bagian yang kritis, mengganggu, meresahkan – merasakan pergerakan kehidupan, menjalin hubungan-hubungan baru yang mustahil, dengan sabar membawa dan membubarkan konflik. Ini bukan soal hak, tapi soal pemberian yang diterima.

Karena itu, untuk misi, ada diakonia yang berbeda. Dalam setiap kasus, sebuah Gereja sinodal yang “keluar”, pada awalnya seperti saat ini, segera menghadapi kehadiran perempuan, perempuan yang beragam dan beraneka, bukan untuk dihomologasi – untuk dilihat (“jika Anda menilai saya sebagai…” ), tentu saja, dan diintegrasikan berdasarkan kekhasan masing-masing. Ini adalah bukti dari Firman. Unsur yang tertulis dalam akar generatif, sebagai ciri konstitutif dari kebaruan injili, diabaikan selama berabad-abad. Yesus inovatif, Ia menciptakan gaya yang berani dan penuh wahyu, dalam cara-Nya berhubungan dengan wanita, namun kekhasan ini mendapat validasi yang provokatif dalam iklim saat ini. Saat ini kita berada dalam situasi nyata yang menyadari bahwa hal ini ada hubungannya dengan kita – hal ini berhubungan dengan Gereja yang mengupayakan reformasi.

Untuk maju dan mewartakan kedatangan Kerajaan Allah, Yesus berkata bahwa “rumah” sangat diperlukan dalam ceramah-Nya mengenai misi (Luk. 10:5-8; Mat. 10:11-14). Hal ini dipahami sebagai tempat ikatan yang dapat diandalkan dan membina. Tempat berdoa, di pinggir.

Jadi, ketika Konsili dalam menguraikan Gereja misioner menyatakan, “…kehidupan kontemplatif adalah bagian dari kepenuhan kehadiran Gereja” (Ad Gentes, 18), bukankah hal ini mencerminkan sifat yang sama, bukankah hal ini menguraikan pelayanan-pelayanan yang belum pernah ada sebelumnya?

Mari kita bertanya pada diri kita sendiri di mana akhir dari sifat konstitutif dalam kebaruan Injil yang berkaitan dengan gaya Yesus saat ini, mengingat pewartaan pertama tentang kebangkitan kepada para rasul dipercayakan kepada seorang wanita. Dan komunitas Kristen pertama, bersama para Rasul, menjadikan Maria, Ibunya, sebagai pusatnya.

Pertanyaan ini patut ditanyakan: bagaimana gaya Yesus – tentunya dalam konteks budaya, antropologis, dan sosial yang berubah secara radikal – berkonotasi dengan misi, dalam budaya global yang tampaknya kehilangan kontur, akar, dan perbedaannya? Secara khusus, bagaimana hal ini bergejolak, dengan kekuatan generatif dari hubungan inklusif, dan tempatnya, bahasa perayaannya, dan Gereja yang bersifat outbound?

Awal misi penginjilan di Eropa memberikan bahan pemikiran.

Dan bagi mereka yang hatinya peka terhadap kunjungannya, Roh menyingkapkan cara-cara dan bahasa-bahasa untuk memberinya daging.

Di sini, antara lain, narasi Kisah Para Rasul (16:10) mulai digunakan dalam bentuk orang pertama jamak, yaitu “kita,” yang mana Lukas masuk dengan berjinjit sebagai narator utama (sudah ada dalam Kisah Para Rasul 11: 27). Perubahan sudut pandang naratif ini, yang dengannya Lukas memasuki Eropa bersama Rasul, memberikan penekanan yang lebih besar pada karakter “sinode” dari perjalanan misioner yang kedua – “tidak pernah tanpa yang lain.” **

Sr. Maria Grazia Angelini O.S.B (Vatican News)/Frans de Sales

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini