Bagaimana ‘Posadas’ sebelum Natal di Meksiko Berasal

132

HIDUPKATOLIK.COM – Pada hari-hari sebelum Natal, “posadas” tradisional biasanya dirayakan di Meksiko, mengingat kesulitan St. Joseph dan Perawan Maria dalam menemukan tempat untuk kelahiran Yesus. Bagaimana kebiasaan ini terjadi?

Pastor José de Jesús Aguilar, wakil direktur Radio dan Televisi Keuskupan Agung Primatial Meksiko, menjelaskan bahwa posadas, yang berarti “penginapan” dalam bahasa Spanyol, adalah buah dari inkulturasi Injil di Dunia Baru.

Dalam sebuah video, imam itu menyoroti bahwa “Injil mencapai negeri-negeri ini dengan kotbah kelompok misionaris pertama: Fransiskan, Dominikan, dan Agustinian.”

“Orang-orang Agustinian menemukan bahwa penduduk asli merayakan kelahiran matahari dengan nyanyian dan lampu di sekitar titik balik matahari musim dingin, yaitu dari tanggal 20 hingga 23 Desember. Jadi, mereka memutuskan untuk membandingkan Kristus dengan matahari dan mengajarkan bahwa Yesus Kristus adalah matahari yang sejati, kebenaran dan keadilan,” imam Meksiko itu menjelaskan.

Dengan cara ini, katanya, para imam Katolik “memanfaatkan perayaan nokturnal asal pra-Hispanik dan memberi mereka arti baru: menemani Maria dan Yusuf dalam ziarah mereka ke Betlehem, mencari penginapan.”

Namun, baru pada tahun 1587, ketika Paus Sixtus V memberikan izin khusus kepada Friar Diego de Soria untuk merayakan sembilan Misa malam menjelang hari-hari sebelum Natal, tradisi itu dimulai.

“Dengan demikian, posada dimulai dengan perayaan sembilan Misa dari tanggal 16 hingga 24 Desember. Kemudian elemen lain di luar gereja ditambahkan, seperti prosesi dengan para peziarah, nyanyian litani Maria, dan permintaan penginapan (posada) dan piñata.”

Hari ini, prosesi atau caminata, melibatkan pemeragaan pencarian penginapan oleh Maria dan Yusuf. Orang-orang memegang lilin yang menyala dan menyanyikan himne. Kelompok itu membawa patung Maria dan Yusuf atau menyuruh anak-anak berpakaian seperti mereka.

Tetangga berkoordinasi agar kelompok tersebut akan mencoba mengunjungi beberapa rumah tetapi ditolak, karena tidak ada kamar di penginapan untuk Keluarga Kudus.

Akhirnya, sebuah rumah menyambut pasangan itu dan semua orang bernyanyi serempak saat pintu dibuka, “Masuklah, peziarah suci, terimalah sudut ini, karena meskipun tempat tinggal ini miskin, saya menawarkannya dengan sepenuh hati. Oh, peziarah yang diberkati, oh, Maria yang paling cantik. Saya menawarkan Anda jiwa saya sehingga Anda dapat memiliki penginapan.”

“Posada pertama diadakan di biara Agustinian di Acolman, tempat yang sangat dekat dengan Teotihuacán,” kata Pastor Aguilar, mencatat bahwa “dengan berlalunya waktu mereka mulai merayakan di lingkungan, jalan, dan teras, menjadi lebih total yang menjadi karakter populer.”

Teotihuacán adalah pusat agama pagan pra-Hispanik dan situs Piramida Matahari dan Bulan.

Piñata, salah satu elemen paling khas dari posada, “berasal dari China dan digunakan pada hari libur,” kata imam itu.

Awalnya mereka dibuat “dengan batang kayu dan kertas, sesuatu yang sangat mirip dengan lentera,” tetapi ketika piñata datang ke Italia, mereka mengalami transformasi.

“Di sana digunakan pot tanah liat sebagai alas, yang dibentuk menjadi buah cemara atau tanaman lain, dengan potongan kertas dari China. Itu sebabnya disebut piñata.

“Ketika piñata datang ke Meksiko, ia mengambil bentuk bintang Bethlehem dan terus mengambil lebih banyak bentuk lagi,” jelas imam itu.

Penafsiran lain dari tujuh poin piñata adalah bahwa mereka mewakili tujuh dosa mematikan, yaitu kesombongan, iri hati, keserakahan, nafsu, kerakusan, kemalasan, dan murka.

Tongkat yang digunakan anak-anak untuk memukul piñata melambangkan kebajikan, dan ditutup matanya melambangkan keyakinan. Permen yang jatuh ke tanah adalah simbol belas kasihan Tuhan.

Catholic News Agency/Frans de Sales, SCJ

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini