Kardinal “Dalit” Pertama: Misi Saya, Membantu Anak-anak Miskin Sebanyak Mungkin

242
Kardinal yang ditunjuk Paus Fransiskus: Uskup Agung Anthony Poola disambut oleh klerus dan umat.

HIDUPKATOLIK.COM – Dalam sebuah wawancara, Kardinal “Dalit” pertama dalam sejarah, Kardinal terpilih Anthony Poola dari Hyderabad, India, yang akan menerima topi merah pada Konsistori 27 Agustus, menggambarkan misinya sebagai “membantu sebanyak mungkin anak-anak miskin:, dan mencerminkan tentang melayani yang “tak tersentuh” yang termiskin dan sering terlupakan di India.

Kardinal “Dalit” pertama dalam sejarah, Uskup Agung Anthony Poola dari Hyderabad, India, yang akan diangkat menjadi Kardinal pada Konsistori 27 Agustus, mengatakan misinya adalah “membantu sebanyak mungkin anak-anak miskin.”

Berasal dari bahasa Sansekerta, kata ‘Dalit’ berarti ‘rusak’ atau ‘tertindas’, dan mengacu pada mereka yang status sosialnya sangat rendah sehingga mereka dianggap orang buangan atau di luar sistem kasta empat tingkat dalam masyarakat Hindu. Sering disebut sebagai “tak tersentuh”, orang-orang ini telah sangat dieksploitasi dan menjadi sasaran kekejaman.

Dalam wawancara dengan Vatican News, Kardinal masa depan yang berusia 60 tahun ini merefleksikan bagaimana sistem kasta, bahkan jika secara teknis dihapuskan, masih memiliki sisa-sisa, seperti apa melayani ‘tak tersentuh’ India, dan keadaan kebebasan agama saat ini bagi minoritas Kristen kecil di India.

Tanya: Apa yang Anda lakukan ketika Anda mengetahui bahwa Paus Fransiskus menominasikan Anda untuk menjadi kardinal?

Kardinal: Saya berada di Negara Bagian Kerala hari itu untuk menghadiri acara pidato perpisahan Golden Jubilee CCR, momen Pembaruan Karismatik Katolik. Beberapa teman saya dari Sardinia dan Catania mengirim pesan kepada saya. Selamat kepada Anda karena telah diangkat sebagai Kardinal. Teman saya tidak begitu mengerti bahasa Inggris. Kemudian saya berkata bahwa saya hanya Uskup Agung Hyderabad, dan bukan Kardinal; dan sudah 14 bulan saya mengabdi di sini. Kemudian mereka mengirim tautannya. Inilah yang diumumkan Paus Fransiskus hari ini. Mereka bilang namamu ada di sana pada 17 menit, 12 atau 13 detik, atau sesuatu seperti itu.

Tanya: Apa arti pencalonan bagi Anda secara pribadi dan apa yang paling Anda harapkan untuk membantu Bapa Suci dan menasihati Paus Fransiskus?

Kardinal: Saya terkejut. Itu seperti berita kejutan bagi saya, yang tidak pernah saya duga. Saya tidak pernah bermimpi. Tetapi bagi saya, saya merasa itu adalah Rahmat Tuhan dan adalah kehendak-Nya melalui Paus Fransiskus, bahwa saya menerima panggilan itu. Paus Fransiskus, Bapa Suci kita. Saya menganggapnya sebagai kesempatan besar bagi saya untuk melayani orang-orang, untuk melayani orang-orang di India Selatan dan semua sektor masyarakat, terutama Negara Bagian Telugu Telangana dan Andhra Pradesh.

Tanya: Bagaimana Anda menafsirkan Paus Fransiskus telah memilih kardinal “Dalit” pertama dalam sejarah? Pesan apa yang Anda percaya Bapa Suci coba sampaikan?

Kardinal: Saya mengerti sejak Paus Fransiskus menjabat sebagai paus. Dia telah, apa yang saya pahami secara pribadi: Cinta, kasih sayang dan menjangkau pinggiran, yang termiskin dari yang miskin. Itulah mengapa kami selalu mengutamakan yang miskin dan terpinggirkan, kami memiliki pesan yang kuat tentang “Gereja yang miskin untuk orang miskin.” Saya dapat mengatakan kapan pun semacam kehancuran datang, melalui angin topan atau bencana alam lainnya, atau baru-baru ini pecahnya perang antara Rusia dan Ukraina, saya melihat perhatian Bapa Suci terhadap semua orang di alam semesta. Secara khusus, saya pikir, mungkin ini adalah situasi di mana Paus mengharapkan saya untuk menyelesaikan masalah kaum terpinggirkan dan mungkin juga Dalit. Ini tidak berarti bahwa kita mengabaikan orang lain yang berada di bawah asuhan kita sebagai gembala. Adalah tanggung jawab saya untuk mengurus semua orang yang dipercayakan kepada saya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tanya: Dan sistem kasta di India secara teknis telah dihapuskan. Tapi bagaimana sebenarnya situasi di lapangan?

Kardinal: Sistem kasta (dihapus), bisa dikatakan, tetapi ada beberapa faktor sosial. Yah, kita tidak bisa sepenuhnya mengatakan bahwa mereka telah dihapuskan. Tetapi situasi nyata dan kenyataan dasarnya, untuk pertanyaan Anda, ada beberapa perbedaan. Ada beberapa orang yang benar-benar berjuang untuk mendapatkan pengakuan atas bakat mereka dan berbagai aktivitas yang mereka lakukan. Dahulu kala, tidak ada kemungkinan bagi “kaum tak tersentuh” untuk memiliki akses ke sekolah atau pendidikan. Tapi sekarang pemerintah di India, terutama di negara bagian kami, Telangana dan Andhra Pradesh tempat saya berasal, ada kesempatan lebih besar yang diberikan kepada kaum terpinggirkan, miskin dan Dalit ini, yang juga menghormati dan mendorong orang miskin untuk bersekolah dan melanjutkan studi. Ada sedikit kecemburuan di antara sifat manusia. Saya pikir apa yang saya harapkan dari orang-orang dan apa yang kami coba praktikkan, adalah meningkatkan kesadaran tentang orang dan situasi, dan mencoba membawa kesetaraan di antara semua.

Tanya: Bisakah Anda memberikan contoh sesuatu yang telah Anda lihat dalam pelayanan Anda kepada orang-orang Dalit atau kepada orang-orang termiskin di India yang secara khusus telah menggerakkan Anda atau meninggalkan kesan yang mendalam?

Kardinal: Tempat saya lahir, Keuskupan Kurnool, adalah keuskupan asal saya. Tetapi saya belajar untuk Keuskupan Kadapa, yang merupakan keuskupan yang bertetangga dengan Keuskupan Kurnool. Saya mendaftar setelah lulus sebagai seminaris dan sebagai imam; minat saya adalah untuk melayani orang-orang, baik di tingkat paroki dan tingkat dekanat atau di lembaga dan saya menjabat sebagai penanggung jawab program sponsor, dll … Tapi ada desa terpencil di setiap paroki. Tempat-tempat ini adalah daerah yang sangat miskin dan rawan kekeringan. Ketika kita harus pergi ke desa-desa, kita hanya bisa pergi di malam hari karena orang-orang akan pergi bekerja di siang hari seperti yang Anda tahu, tetapi mereka hanya akan datang pada malam hari dan mereka akan berada di sana. Kami membunyikan bel di gereja dan kami mengumpulkan anak-anak dan mengajar katekese. Dan orang terkadang harus memasak dan datang ke gereja. Jadi itu luar biasa untuk ditonton. Itu membuat saya bergerak dengan belas kasih dan cinta, dan terutama tanggung jawab besar yang saya rasakan kepada anak-anak untuk memberi mereka hadiah pendidikan karena mereka tidak punya uang atau aset untuk dijual. Tetapi jika Anda memberikan pendidikan untuk mereka, itu akan menjadi hadiah yang luar biasa. Saya melihat ke dalam kisah hidup saya sendiri.

Tanya: Bagaimana bisa?

Kardinal: Setelah kelas tujuh saya harus istirahat karena kemiskinan. Saya pikir itu adalah akhir dari pendidikan saya. Tetapi terutama para misionaris yang menaruh minat dan membawa saya ke Kadapa serta membantu saya menempuh pendidikan. Karena itu, setelah B.A. saya, yaitu kursus kelulusan, saya merasa bahwa saya tidak memiliki hubungan apapun dengan misionaris ini. Tapi mereka mengambil alih saya dan membantu saya pergi ke sekolah dan menjadikan saya berharga. Itulah alasan mengapa saya ingin bergabung dengan seminari. Saya pergi ke Kadapa.

Saya belajar dan niat saya adalah membantu sebanyak mungkin anak-anak miskin. Jadi, kemudian saya mengambil pekerjaan ini dan sebagai imam, ketika saya mengunjungi desa-desa dan di mana pun saya bekerja sebagai imam paroki. Ini adalah momen yang indah bagi saya. Begitulah setiap kali saya melihat anak-anak miskin. Jadi, saya sendiri membawa mereka di mobil saya dan menempatkan mereka di rumah kos. Para misionaris awam juga memiliki sebuah jip. Pada masa itu ada peti-peti, mereka yang pergi ke asrama menggunakan peti-peti itu untuk menaruh seragam, piring dan plus semua yang mereka bawa. Dan mereka mengambil anak-anak dan menitipkan di asrama kepada direktur, yang ada di paroki atau di sekolah. Itu membuat saya terkesan. Itu sebabnya saya mencoba melakukan banyak pelayanan di desa-desa.

Tanya: Ini menginspirasi pelayanan Anda?

Kardinal: Sepanjang hidup saya, saya telah menjadi imam yang sederhana, misionaris yang sederhana. Saya bekerja hampir sepuluh tahun sebagai misionaris. Kemudian beberapa tahun saya pergi ke Amerika Serikat untuk melanjutkan beberapa studi, tetapi saya melakukan sebagian besar pekerjaan paroki sebagai rekanan. Ketika saya kembali lagi, saya diberi program sponsorship. Saya juga bertanggung jawab sebagai wakil manajer semua sekolah Katolik di keuskupan. Di sana saya memiliki pelayanan yang bersemangat untuk menjangkau orang-orang miskin ini, 90% dari mereka terpinggirkan. Ada juga bagian lain di mana ada orang miskin di mana kita perlu memperhatikan kebutuhan mereka.

Tanya: Apa jenis diskriminasi atau perlakuan buruk yang Anda lihat?

Kardinal: Diskriminasi dalam arti kehidupan pribadi dan masa kecil saya. Ada sistem di desa. Ada stigma sosial. Apa yang akan kita lakukan? Kami tidak bisa menahannya. Rumah kami dulu berada di ujung utara desa hingga ke sudut desa. Ketika kita pergi ke orang-orang kasta yang lebih tinggi, kadang-kadang, ketika kita haus, dulu ada sumur. Ketika kita haus, mereka akan menuangkan di tangan kita, dan kita harus minum air. Tapi itu tidak membuatku lelah dan tidak menyakitkan. Kami menerima stigma sosial itu. Namun jenis diskriminasi ini tidak terlihat di kota atau kota-kota besar, tetapi di desa-desa terpencil. Sekarang praktik itu tidak ada, maksud saya, minum dari tangan Anda atau menggunakan piring dan gelas terpisah untuk Dalit. Ini sedikit diskriminasi.

Tanya: Apakah Anda pernah merasa dalam bahaya melakukan pekerjaan Anda?

Kardinal: Lihat, kita memiliki kebebasan beragama. Setiap warga negara India memiliki kebebasan untuk menjalankan, menerima agama apa pun dan hidup sesuai dengan itu. Di India Selatan, dengan pengalaman saya, saya dapat mengatakan kami sangat bebas dan di partai politik kami juga tidak memihak. Siapa pun yang berwenang, kami memberikan 100% kerja sama penuh kami kepada mereka. Saya tidak memiliki pengalaman bahaya melakukan pekerjaan saya, karena kami juga tidak menunjukkan diskriminasi sehubungan dengan Hindu, Muslim dan Kristen. Kami memperlakukan mereka secara setara dan kami menganggap mereka semua sebagai anak-anak Tuhan.

Tanya: Bagaimana situasi minoritas Kristen di India secara umum saat ini?

Kardinal: Secara umum, beberapa jenis ancaman telah dibuat, karena beberapa insiden terjadi di berbagai bagian India, terutama di bagian utara India, juga di bagian selatan India. Ada beberapa kelompok fanatik. Tapi ketika kita mendekati pemerintah, mereka sangat kooperatif, pengertian dan bersahabat. Mereka mencoba untuk memecahkan masalah. Tapi di Karnataka, penghancuran beberapa patung dan hal-hal lain mengecewakan kami. Tapi di sini, di beberapa tempat, insiden yang sangat kecil telah terjadi. Tapi ketika kami mendekati pemerintah, keamanan dijanjikan kepada kami 100%, saya bisa jamin itu.

Tanya: Apakah Anda memiliki devosi atau orang suci tertentu yang sering Anda doakan yang membantu Anda dari hari ke hari?

Kardinal: Saya memiliki devosi yang besar kepada Perawan Maria yang Terberkati. Di desa kami ada sebuah kapel. Ada patung ilahi Bunda Maria, terutama Bunda Maria dari Lourdes. Saya memiliki devosi khusus kepadanya, dan dalam kesulitan saya, saya berdoa, bahkan di mana pun saya berada di kantor saya. Juga, di kedua sisi saya, akan ada Our Lady of Lourdes dan Our Lady of Velankanni (Penampakan India). Saya memiliki devosi khusus kepadanya. Sejak kecil, ini sudah menjadi kebiasaan saya.
Setiap kali saya mengalami kesulitan dan membutuhkan, saya berdoa. Saya berdoa kepada Bunda Maria, di mana saya mengalami penghiburan. Beralih ke doa, semua pekerjaan saya, dan dengan semua masalah pekerjaan saya atau masalah lainnya, saya telah mengalami kesuksesan. Karena nama saya Antonius, saya juga memiliki devosi kepada Santo Antonius dari Padua. Setiap kali saya berdoa, saya dapat dengan tegas mengatakan bahwa saya mendapat bantuan melalui doa yang kuat dari Bunda Maria dan juga doa Santo Antonius dari Padua. **

Pastor Frans de Sales, SCJ; Sumber: Deborah Castellano Lubov (Vatican News)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini